Mahasiswa Apresiasi Pengesahan UU Keperawatan

 
FAJARONLINE -  Perjuangan perawat dan mahasiswa perawat rancangan UU keperawatan disahkan terwujud siang tadi, Kamis 25 September. Dalam paripurna,  DPR mengesahkan RUU tersebut menjadi UU.

Perkumpulan mahasiswa jurusan keperawatan beberapa perguruan tinggii di Makassar, di antaranya STIK Yayasan Pendidikan Makassar (Yapma), Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Panakkukang, Universitas Hassanuddin Makassar, Sekolah Tinggi Ilmu Perawat Makassar, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mega Rezky dan perwakilan  Universitas Indonesia Jakarta bersorak senang di halaman kantor DPRD Sulsel setelah  mendengar informasi pengesahan tersebut.  Sejak pukul 10.00 Wita, ratusan mahasiswa berunjuk rasa mendesak DPR  mengesahkan RUU  keperawatan yang telah diperjuangkan sejak 1985 lalu.

Mahasiswa keperawatan STIK Yapma, Syamsul (Yapma) mengakui perjuangan para perawat dan mahasiswa keperawatan dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia. Aksi unjuk rasa nasional ribuan perawat dan calon perawat yang menginginkan RUU keperawatan disahkan menjadi UU. Hari ini unjuk rasa dilakukan serentak dari Sabang sampai Marauke. Kebetulan g paripurna juga  berlangsung di DPR," ujar Syamsul.

Berdasarkan pantauan, sebelum mendengar kabar pengesahan, unjuk rasa dimulai di bawah Flyover Jalan Urip Sumohardjo. Ratusan mahasiswa yang dibantu satu unit mobil pick up sempat menutup jalan hingga terjadi kemacetan beberapa menit. Setelah itu, mahasiswa bergeser ke kantor DPRD sekira pukul 11.30 Wita.

Unjuk rasa memanas di kantor DPRD Sulsel saat mahasiswa memaksa masuk ke ruangan DPRD dan beradu mulut dengan anggota kepolisian yang berjaga. Namun berhasil diamankan sekira pukul 13.00 saat salah satu orator mengumumkan pengesahan RUU keperawatan pada mahasiswa jurusan keperawatan itu.

Mahasiswa Apresiasi Pengesahan UU Keperawatan