Spongebob Dihapus KPI, `Tolong Jangan Usik Tayangan Spongebob`

Masyarakat Indonesia Tak Ingin Spongebob Dihapus
Citizen6, Jakarta Baru-baru ini berita mengejutkan datang dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Kabarnya, KPI akan menghapus beberapa tayangan kartun yang disuguhkan berbagai stasiun televisi swasta.
Seperti dilansir dari kpi.go.id, KPI memutuskan beberapa tayangan anak dan kartun yang dikelompokan sesuai kategori layak tayang. Kategori berbahaya yang tak layak ditonton seperti Bima Sakti dan Little Krisna yang ditayangkan di ANTV, Tom & Jerry yang tayang di ANTV, RCTI dan global. Adapula program kartun yang masuk dalam kategori hati-hati, diantaranya Spongebob Squarepants di Global TV dan Crayon Sinchan yang tayang di RCTI.



Tayangan di atas dinilai memiliki dampak buruk bagi perkembangan fisik dan mental anak. Muatan tersebut diantaranya kekerasan fisik, penggunaan senjata tajam, lata-kata kasar, adegan berbahaya, muatan porno dan unsur mistis.
Kabar tersebut pun langsung mendapat respons para onliner di linimasa Twitter. Berbagai ciapan pun muncul terkait penghapusan tayangan kartun Spongebob dan empat tayangan lainnya di di stasiun televisi. Para onliner menyayangkan program menghibur seperti Spongebob dihapus.



Seperti yang diungkapkan akun @Bagss09, ia tak rela program Spongebob dihapus "Kita udh bisa nerima kalo web anime di blokir.. Tapi tolong jangan usik tayangan spongebob #saveSpongebob."
Lalu akun @madaoktypratama yang membuat ciapan khusus ditujukkan ke akun Twitter KPI "dear @KPI_Pusat SPONGE BOB ADALAH TONTONAN PELARIAN ANE KETIKA TAYANGAN TV DI INDONESIA PENUH DENGAN SINETRON TAK BERMORAL."
Adapula akun @Audijenss yang menuliskan "Entar kalo spongebob dan kartun-kartun lainnya dihapus sama KPI. Bisa saja tayangan TV indonesia isinya siluman semua. #SaveSpongebob."



Untuk saat ini KPI tidak akan menghapus tayangan tersebut, namun KPI akan menjatuhkan sanksi administratif kepada stasiun televisi yang menyiarkan dan menginstrusikan stasiun televisi untuk menghilangkan muatan kekerasa dan adegan berbahaya yang tidak pantas ditiru oleh anak-anak.
Dalam pemberitahuannya, KPI menghimbau anak-anak dan orang tua agar selektif memilih tayangan anak dan kartun. KPI pun memberikan rekomendasi tayangan yang layak ditonton anak-anak. Diantaranya, Dora The Explorer di Global TV, Adit Sopo Jarwo tayang di MNC TV, Laptop si Unyil di Trans7 dan program lainnya.

Spongebob Dihapus KPI, `Tolong Jangan Usik Tayangan Spongebob`