Cara Mengatasi Play Store yang Tidak Bisa Mendownload Aplikasi

Cara Mengatasi Play Store yang Tidak Bisa Mendownload Aplikasi - mungkin tutorial ini agak sedikit basi tapi tak apalah barangkali masih banyak droiders disini yang masih terkendala dengan Toko Aplikasi untuk android ini.
Yap, Play Store merupakan Toko Aplikasi yang disediakan oleh Google, pengembang sistem operasi ponsel android, yang digunakan untuk memudahkan dalam proses pengembang serta pengayaan fitur pada ponsel android anda. di dalam Play Store tidak seperti toko yang terdapat di dunia nyata yang semuanya harus bayar jikalau kita mengambil barang, namun di Play Store kita juga dapat menemukan dengan mudah aplikasi-aplikasi yang tak berbayar ataupun gratis.
Lanjut ke fungsi Play Store, Play Store sampai sekarang masih menjadi the best App Market di android. Tak salah, karena beribu-ribu bahkan berjuta-juta aplikasi. Dari data The Verge tahun 2013, jumlah aplikasi pada Play Store pada saat itu berjumlah 1 Juta aplikasi, bayangkan jumlahnya pada tahun ini.

Cara Mengatasi Play Store yang Tidak Bisa Mendownload Aplikasi Karena Error, Crash, dll

Langsung saja daripada basa-basi lagi, berikut Cara Mengatasi Play Store yang Tidak Bisa Mendownload Aplikasi yang telah kami rangkum
  1. Mencocokkan Jam pada Ponsel anda
    Waktu merupakan faktor yang mempengaruhi sebab Play Store yang tidak dapat membuka atau Jaringan bermasalah. Sebaiknya waktu pada ponsel anda sesuaikan dengan waktu jaringan, caranya masuk ke Pengaturan > Waktu > Sesuaikan Jaringan. (red:sejenis)
  2. Hapus Cache Play Store
    Cache biasanya yang paling menyebabkan atau faktor utama dari gagalnya mengunduh aplikasi dengan Play Store. Bukalah pengaturan > Aplikasi > Google Play Store > Hapus Cache. Setelah menghapus cache, maka cobalah untuk masuk ke aplikasi Play Store dan coba unduh aplikasi.
  3. Periksa Ruang Kosong Memori
    Ruang memori sangat-sangat berpengaruh dalam penyebab Play Store yang Tidak Bisa Mendownload Aplikasi ini, oleh karenanya cobalah cek terlebih dahulu space kosong di dalam memori internal anda. Dengan cara masuk ke pengaturan > Penyimpanan > Lihat Space kosong.

    Apabila dirasa kurang mencukupi, dianjurkan untuk meng-uninstall aplikasi yang dirasa tidak terlalu penting atau tidak digunakan. Setelah itu coba masuk ke Play Store dan mulai mengunduh.
  4. Test Koneksi Internet
    Koneksi internet merupakan faktor yang sangat mempengaruhi, karena saat membuka dan mengunduh aplikasi memerlukan koneksi dan kuota. Oleh karena itu, terlebih dahulu anda disarankan untuk mengecek paket data dan kuota anda.
  5. Test Menggunakan provider lainnya atau Menggunakan Wifi
    Kadang kali memang provider anda yang tidak dapat mengunduh, ataujuga memang kuota anda yang sudah limit atauapalah. Saran kami sebelum melangkah jauh sampai Install Ulang, Factory Reset, sampat flashing, lebih baik anda mencoba menggunakan provider lain atau juga dapat menggunakan sambungan internet Wi-Fi.
  6. Reboot Ponsel
    Reboot atau matikan dan nyalakan kembali ponsel anda, setelah itu voba kembali untuk mengunduh aplikasi.
  7. Install ulang Aplikasi Google Play Store
    Bila dari salah satu cara di atas belum berhasil juga, silahkan anda bisa menginstall ulang aplikasi Play Store yang bisa anda unduh dengan encarinya di Search Engine.
  8. Factory Riset (Setelah-Pabrikan)
    Langkah Selanjutnya apabila dari cara-cara diatas tidak berhasil adalah mengembalikan seluruh data dan pengaturan ke setelan pabrikan. Dengan catatan semua data, aplikasi akan hilang semua dan layaknya seperti pertama membeli ponsel.
  9. Ganti RO M
    Cara ini merupakan cari yang paling akhir, dan seakhir-akhirnya. Bilama dari ke delapan cara diatas tidak juga berhasil, maka anda tinggal flashing ROM dan coba lah.

Cara Mengatasi Play Store yang Tidak Bisa Mendownload Aplikasi