Seramnya OS Smartphone 2013 Penantang iOS dan Android


Gencarnya OS Smartphone 2013 Penantang iOS dan Android Tahun 2012, menjadi petarungan Akbar antara iOS iPhone Apple dengan OS Android. Dan sampai saat ini masih belum bisa di pastikan siapa diantara keduanya yang menjadi pemenang. Tetapi di tahun 2012, menjadi ajang tempur antara keduanya, mereka saling beradu kecanggihan di OS Smartphone dan kecanggihan hardware yang menggunakan kedua OS tersebut. Walaupun di pertengahan tahun saat Iphone baru di keluarkan, Apple mendapatkan hujatan gara–gara kekurangan di sistem Apple Maps mereka. Tetapi selebihnya banyak juga merasa puas, atas keluarnya Iphone baru. Dan juga bukan masalah bagi Google sebagai pembuat dari OS Android untuk tetap bersaing dengan Apple di bidang Operating System untuk Smartphone.
Tidak seorang pun yang tahu tentang bagaimana perjalanan dunia mobile phone nanti. Siapa yang akan menang dan siapa yang akan kalah, masih bisa belum di tentukan. Ada beberapa perusahaan yang sudah bersiap-siap akan mengeluarkan OS untuk Smartphone terbaru di tahun 2013, dan di siapkan sebagai Penantang dari 2 raja di dunia Smartphone baik menjadi penantang Android dan IOS. Beberapa di antaranya Microsoft yang akan mengeluarkan OS Smartphone terbaru bernama Windows Phone 8, Firefox OS, TIZEN dari Samsung, BlackBerry 10 dari RIM, webOS dari HP.
Microsoft Windows Phone 8
Tahun 2012, juga menjadi ajang pembuktian bagi Microsoft untuk bertarung di dunia OS Smartphone. Walaupun banyak yang menilai bahwa langkah ini dianggap sangat telat bagi Microsoft untuk ikut bertarung di dunia mobile phone. Microsoft pun perlu di acungi jempol, karena sudah cukup berhasil dalam menerbitkan nama brand Microsof Phone 7, sebagai OS smartphone dari Microsoft. Dan hal ini dibuktikan dengan kerjasama dengan Nokia, sebagai Vendor hardware Smartphone untuk menggunakan OS buatan microsoft ini di dalam Smartphone mereka.
OS baru ini dikeluarkan bertepatan dengan dikeluarkan tipe windows baru, windows 8. dan microsoft berjanji untuk menampilkan Kinerja terbaik di dalam OS baru ini. Windows phone 8, digadang gadang sebagai penantang dari Android dan IOS Iphone. Meskipun hal ini perlu di buktikan, tdak salah nya kita menunggu kesiapan pertarungan windows phone 8 ini di tahun 2013.
Firefox OS
kabar tentang akan di keluarkannya tipe OS baru besutan Firefox, sudah di dengarkan sejak pertengahan tahun lalu. Sebagai bukti nya firefox sudah mengikat kerja sama dengan perusahaan telekomunikasi Spanyol, Telefonica, sebagai pendukung OS baru ini. Firefox OS baru ini akan dikeluarkan pada di awal tahun 2013, diperkirakan di awal bulan februari, sama seperti pernyataan dari Mozilla mengenai rilis firefox OS. Tetapi sudah dari jauh jauh hari firefox mulai untuk mengkampanyekan Rilis Firefox OS. Hal ini di buktikan dengan sudah di keluarkannya beberapa screenshoot dari tampilan firefox OS, meskipun spesifikasi lengkap nya belum di keluarkan oleh Mozilla. Tetapi sudah dipastikan bahwa Firefox OS akan membesut kecanggihan teknologi dari HTML5, CSS3, dan Javascript. Dan hal ini di gadang menjadi penyerang terkuat bagi Apple dan terutama Android, hal ini dikarenakan sistem Open Source yang mereka bawa dan memungkikan bagi para developer untuk melihat dan memodifikasi terhadap kode dari Firefox OS. Dan ZTE menyatakan akan mengeluarkan Smartphone yang menggunakan OS ini.
BB 10
menurunnya kinerja RIM di dunia Smartphone dan mobile phone, membawa Imbas terhadap jumlah pendapatan yang diperoleh oleh RIM. Hal ini di buktikan menurunya jumlah penjualan Mobile phone BB di dunia di bandngkan dengan jumlah penjualan Apple Iphone dan Smartphone Android. Hal ini membuat RIM untuk segera mengeluarkan OS BB baru yang lebih canggih agar bisa bersaing dengan OS Smartphone lainnya. RIM akan mengeluarkan BB 10 sebagai OS baru mereka.ada beberapa fitur tambahan di dalam BB 10 ini, yang memungkinkan mereka di sebut sebagai OS Smartphone, karena sebelumnya banyak yang menyangsikan bahwa OS BB bisa di sebut sebgaia OS Smartphone. OS ini akan di keluarkan di bulan Januari 2013, banyak fitur fitur baru di dalam OS ini. Tetapi banyak juga analis yang agak skeptis atas langkah RIM ini, hal ini karena para analis menyebutkan sangat keterlamabatn RIM dalam menanggapi kejayaan Smartphone, setelah mereka merasakan kejayaan OS BB dengan BBM mereka di tahun – tahun sebelumnya. Soal sukses atau tidaknya kita tunggu saja di laporan pertengahan tahun dan akhir tahun dari RIM atau juga laporan dari para analis. Kita cukup tunggu saja BB 10, apa kah OS ini sehebat apa yang siebutkan.
WebOS
webOS di rilis oleh HP. Dulu OS ini digunakan sebagai salah satu OS yang dikeluarkan oleh HP. Awalnya OS ini digunakan di PDA buatan Palm. Saat Hewlet-Packard membeli Palm secara Otomatis, webOS pun menjadi milik dari HP. Di tahun 2009, HP sempat mengeluarkan webOS ini, dan hasilnya tidak terlalu memberi senyuman bagi HP. Di tahun 2012, HP akhirnya mengumumkan bahwa mereka akan membuka kode dari webOS, dengan ini arah dari webOS menjadi basis OpenSource. Dan pengembangan ini akan lebih di arahkan kepada OS Smartphone. ZTE perusahaan vendor Smartphone dari China, mengumumkan bahwa di tahun 2013, mereka akan mengeluarkan Smartphone yang menggunakan webOS sebagai Operating System di Smartphone buatan mereka.
Tizen
Samsung yang menjadi Raja Smartphone dengan OS Android nya, merasa masih belum puas untuk hanya menggunakan Android sebagai OS mereka. Karena itu Samsung mengeluarkan OS baru bernama Tizen, langkah ini bukan hal baru bagi Samsung karena sebelumnya Samsung pernah mengeluarkan OS, bernama OS Bada. Menjadi pertanyaan bagi beberapa analis mengenai cara Kerja dari Samsung untuk membagi kerja mereka terhadap produk mereka. Seperti yang kita ketahui bahwa Samsung menggunakan berbagai macam OS, baik Android dan windows phone, dan menjadi bagaimanacara mereka mengerjakanny agar mereka bisa bekerja sama. Tizen mendapat dukungan dari Intel dan Linux Foundation. [ENJ]

Seramnya OS Smartphone 2013 Penantang iOS dan Android

Post a Comment