Hyperloop, Mode Transportasi Darat Dengan Kecepatan 1400 Km/jam

Amerika tengah mengembangkan sebuah mode transportasi baru bernama Hyperloop. Jenis transportasi darat ini tengah dikembangkan oleh perusahaan transportasi SpaceX dan Tesla Motor yang dimiliki oleh Elon Musk. Sistem transportasi darat terbaru ini hampir mirip highway monorail, hanya saja media yang digunakan bukan rel namun sebuah tabung lontar. Transportasi yang diberinama Hyperloop ini memang sangat canggih karena diklaim mampu melaju dengan kecepatan mendekati supersonic atau jika dihitung dengan angka sekitar 800 mph (1400 km/jam). 
 
Hyperloop
Cara kerja Hyperloop ini mirip dengan meja hoki udara yang akan terlontar jika dipukul. Hyperloop akan mengambang dengan bantalan udara, yang disusun dari pulsa elektromagnetik yang dihasilkan dari tenaga surya. Kemudian untuk bergerak, sistem akan memberikan dorongan dengan tekanan tinggi sehingga bisa menghasilkan kecepatan mendekati supersonik. Secara teoritis, Hyperloop mampu melaju hingga 1400 km/jam atau melebihi kecepatan suara. Sistem ini membutuhkan tabung sebagai jalan utama yang ditempatkan dengan tiang tiang pancang yang kemudian akan diletakkan di tempat tempat strategis.
Seperti dilansir dari Cnet, saat ini proyek hyperloop memang masih berupa purwarupa, namun sebentar lagi Tesla Motor akan melakukan uji coba pembuatan lintasan hyperloop dengan biaya $10 juta untuk setiap lintasan dengan panjang 600 km. Kota yang akan digunakan uji coba adalah Texas, kemudian akan menyebar ke seluruh Amerika setelah sukses.
 
Lintasan Hyperloop
Bagaimana? keren bukan? di saat negeri ini masih jalan ditempat dengan tiang monorail yang belum selesai, ternyata di luar negeri sudah berlari sangat kencang. Wow ..

Sumber

Hyperloop, Mode Transportasi Darat Dengan Kecepatan 1400 Km/jam